KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat dan karunia-Nya
lah makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala yang
berarti.
Makalah ini merupakan makalah yang tersusun dari berbagai sumber
dan referensi dalam bidang studi ekonomi. Dalam makalah ini mengangkat
sebuah judul tentang “Agama Islam”, yang kami kiranya para pembaca
dapat mengetahui agama islam, tujuan dan kebijakan dari agama islam.
Meskipun Kami
telah menyelesaikan makalah ini, namun Kami sadar bahwa mungkin didalam
kandungan makalah yang tersaji ini masih terdapat sesuatu yang kurang. Karenanya,
kami selaku pembuat makalah ini, mohon dengan sangat agar para pembaca dapat
memberikan kritik dan saran yang konstruktif agar kami dapat memperbaiki
kesalahan yang terdapat pada makalah kami. Dan
tidak lupa kami sangat berharap agar makalah ini sangat bermanfaat bagi para
pembaca.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1 Latar Belakang........................................................................................ 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................... 1
1.3 Tujuan..................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 2
2.1 Arti dan Ruang Lingkup Agama Islam.................................................... 2
2.2 Klasifikasi Agama dan Agama Islam...................................................... 3
2.3 Salah Paham
Tentang Islam Dan Ilmu Pengetahuan............................... 5
BAB III PENUTUP..................................................................................... 7
3.1 Kesimpulan.............................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Islam adalah
agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-rasul-Nya untuk di ajarkan kepada
manusia. Dibawa secara berantai (estafet) dari satu generasi ke generasi
selanjutnya dari satu angkatan ke angkatan berikutnya. Islam adalah rahmat,
hidayat, dan petunjuk bagi manusia dan merupakan manifestasi dari sifat rahman
dan rahim Allah swt. Mayoritas manusia di bumi ini memeluk agama islam. Banyak
juga yang memilih menjadi mualaf setelah mengetahui semua kebenaran ajaran nabi
Muhammad SAW. Ini yang tercantum dalam al-Quran.
Namun di masa
kejayaan islam pada masa sekarang,semakin banyak pula orang-orang yang beragama
islam, tapi tidak mengerti arti islam itu sendiri. Mereka hanya menjalankan
syari’ah atau ajaran-ajaran islam tanpa mengerti makna islam. Ada juga orang
yang islam KTP atau islam hanya sebagai menyempurnakan KTP dari pada tak
tercantum agamanya. Oleh karena itu di makalah ini akan dibahas mengenai apa
arti islam,baik secara etimologi,terminologi,dan secara syar’i, bagaimana karakteristik
islam serta mengetahui sejarah dari islam.
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar
belakang diatas timbul berapa masalah-masalah sebagai berikut:
1. Apa arti dan ruang lingkup agama Islam ?
2. Apa klasifikasi agama dan agama Islam ?
3. Bagaimana salah paham tentang Islam dan ilmu
Pengetahuan ?
1.3 Tujuan Masalah
Tujuan
pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apa arti dan ruang lingkup
agama Islam.
2. Untuk mengetahui klasifikasi agama dan agama
Islam.
3. Untuk mengetahui Bagaimana salah paham tentang
Islam dan ilmu Pengetahuan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Arti Dan Ruang Lingkup Agama Islam
Apabila dicari dari asal katanya islam berasal dari
kata aslama yang merupakan turunan (derivasi)dari kata
assalmu,assalamu,assalamatu yang artinya bersih dan selamat dari kecatatan
lahir batin.Dari asal kata ini dapat di artikan bahwa dalam islam terkandung
makna suci,bersih tanpa cacat atau sempurna.kata islam juga dapat di ambil dari
kata assilmu dan assalmu yang berarti
perdamaian dan keamanan.Dari asal kata ini islam mengandung makna perdamaian
dan kesalamatan,dari itu kata assalamualaikum merupakan tanda kecintaan seorang
muslim kepada orang lain,karena itu dia selalu menebarkan doa dan kedamaian
kepada sesama.Dan dari kata assalamu,assalmu dan assilmu yang berarti
menyerahkan diri,tunduk dan taat.semua asal kata di atas berasal dari tiga
huruf ,yaitu sin,lam dan mim(dibaca salima)yang artinya sejahtra ,tidak tercela
dan selamat.
Dari pengertian diatas jadi bisa disimpulkan bahwa
islam mengandung arti berserah diri,tunduk,patuh dan taat sepenuhnya kepada
kehendak ALLAH..Kepatuhan dan ketundukan
kepada ALLAH itu melahirkan keselamatan dan kesejehtraan diri serta kedamaian
kepada sesama manusia dan lingkugannya.
Pengertian islam secara
terminologis di ugkapkan Ahmad Abduallah Almassdosi (1962) bahwa islam adalah kaidah hidup yang diturunkan
kepada manusia digelarkan ke muka bumi
,dan terbina dalam bentuknya yang terakhir dan sempurna dalam Alquran yang suci yang di wahyukan Tuhan kepada Nabinya yang terakhir,yakni Nabi
Muhammad ibn Abduallah, satu kaidah hidup yang memuat tuntunan yang jelas dan lengkap
yang mengenai aspek hidup manusia,baik spiritual dan material.
Sebagaimana diungkapkan oleh Al Quran Dalam Surat Ali Imran 3:19 :
إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلْإِسْلَٰمُ
Artinya :
“Sesungguhnya agama disisi Allah adalah agama islam”. (Ali imran, 3:19)
Semua Rasul mengajarkan keesaan Allah (Tauhid) sebagai
dasar keyakinan bagi umat nya. Sedangkan aturan aturan pengamalannya
disesusaikan dengan tingkat perkembangan budaya manusia pada zamannya. Karena
itu diantara para rasul itu terdapat perbedaan dalam syariat.
Secara garis besar,
ruang lingkup agama islam menyangkut 3 hal pokok , yaitu :
1. Aspek keyakinan yang disebut aqidah, yaitu aspek
credial atau keimanan terhadap Allah dan semua yang difirmankannya untuk diyakini.
2. Aspek norma atau hukum yang disebut syariah, yaitu
aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia,
dan dengan alam semesta.
3. aspek perilaku yang disebut akhlak yaitu
sikap sikap atau perilaku yang Nampak dari pelaksanaan aqidah dan syariah.
Hal ini
diungkapkan secara tegas dalam firman Allah surat Al-Baqarah 2:208:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱدْخُلُوا۟ فِى ٱلسِّلْمِ كَآفَّةً وَلَا
تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Artinya :
“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam islam
keseluruhannya , dan janganlah kamu turut langkah langkah setan. Seungguhnya
setan itu musuh yang nyata”. (Al-Baqarah, 2:208)
2.2 Klasifikasi Agama
Dan Agama Islam
Agama budaya umumnya bersifat poli teistik atau
mempercayai beberapa tuhan , sedangkan agama wahyu bersifat monoteistik atau
meyakini satu tuhan. Agama-agama besar yang dianut umat manusia didunia antara lain agama Yahudi,
Nasrani, Hindu, Budha dan Islam. Agama yahudi, Nasrani dan Islam dikelompokkan
oleh sebagian para ahli kedalam kelompokn agama samawi dan para ahli yang lain
mengelompokkan agama yahudi dan nasrani tidak lagi di pandang agama samawi
murni, karena mereka berpendapat bahwa kitab suci kedua agama tersebut telah
mengalami perubahan, yaitu terdapatnya interfensi pemikiran manusia kedalam
kitab suci mereka.
Dari sudut ketuhanan
nya pun kedua agama tersebut ternyata tidak lagi menganut monoteisme mutlak,
misalnya menurut agama nasrani tuhan yang satu itu terdiri dari tiga oknum,
yitu tuhan bapak, tuhan anak, dan ruhul kudus yang disebut trinitas.
Sedangkan konsep
ketuhanan dalam islam adalah tauhid atau monoteisme mutlak dimana tuhan itu esa
yang tidak terbagi bagi. Jadi yang samawi murni sekarang ini hanyalah agama
islam. Sedangkan agama hindu dan budha dikelompokkan ke dalam agama budaya yang
konsep ketuhannya poliestik.
Agama islam adalah
agama wahyu yang satu satunya yang memiliki kitab suci yang asli dan autentik,
tidak mengalami perubahan sejak diturunkannya pada abad ke 6 masehi sampai
sekarang bahkan sampai akhir zaman.
Sebagaimana Allah
berfirman dalam surat Al-Hijr 15:9 :
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ
Artinya :
“sesungguhnya kamilah yang menurunkan al Quran dan
sesungguhnya kami benar benar memeliharanya”. (al-hijr, 15:9).
Pemeliharaan al Quran yang dimaksud dalam ayat diatas
adalah pemeliharaan lafaz dan nilai nilai yang terkandung didalamnya. Hal
tersebut dibuktikan dengan aktualitas al quran sampai hari ini yang telah
berusia lebih dari 1400 tahun sejak diturunkannya.
2.3 Salah Paham Tentang Islam Dan Ilmu Pengetahuan
Kesalahpahaman terhadap islam tidak hanya terdapat
dikalangan orang orang non muslim, tetapi juga dikalangan muslim sendiri yang
belum memahami islam secara menyuluruh odahal ritual dalam islam hanya sebagian
saja dari ajaran islam. Islam berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan manusia
dan memberikan nilai nilai esensial bagi seluruh aspek kehidupan itu.
Islam diturunkan untuk menata kehidupan manusia
didunia sedangkan akhirat adalah akibat atau buah dari kehidupan dunia. Bagi
seorang muslim, islam menjadi dasar dalam menata kehidupannya menjelmakan
perilaku yang islami.
Disatu sisi agama dipandang sebagai hal yang
statis,subyektif , irasional, dan ilmu pengetahuan di pandang sebagai dinamis, obyetif, rasional. keduanya sering kaliditempatkan pada titik yang
bersebrangan
Agama dan ilmu pengetahuan saat ini masih dipandang
sebagai dua hal yang tidak bisa dikompromikan.sebagai umat islam yang
memisahkan cara diametral antara persoalan agama dan ilmu pengetahuan karena
itu kebenaran ilmu pengetahuan dan agama berbeda
Agama islam diturunkan Allah pada manusia makhluk yang dibekali akal untuk brtfikir paling jauh
adalah adanya keterbatasan akal dalam menjangkau sesuatu, karenanya memerlukan
informasi tuhan,misalnya tentang alam gaib. Seperti nabi bersabda ; pikirkanlah tentang ciptaan Allah dan janganlah kamu memikirkan zat Allah.
Cendekiawan dan ulama islam zaman silam bukan hanya
menguasai ilmu dan fisalfat yang mereka peroleh dari peradaban yunani , tetapi
mereka kembangkan dan tambahkan hasil hasil pemikiran mereka sendiri kedalam
dunia ilmu dan filsafat .
Ilmu pengetahuan yang berkembang pesat didunia barat
berdiri diatas pandangan dasar yang menyatakan bahwa alam memiliki hukumnya
sendiri dalam bentuk keharmoni dialam semesta . Sementara itu , teknologi
adalah penerapan ilmu pengetahuan secara sistematis untuk memanfaatkan alam
disekelilingnya dan mengendalikan gejala gejala yang dapat dikemudikan manusia
dalam proses proses produktif yang ekonomis . Sebagaimana diungkapkan dalam
firmannya sura Al-Baqarah 2:255 :
ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ
وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى
يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ
ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ
ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ
Artinya :
“Allah tidak ada Tuhan selain dia yang hidup
kekal lagi terus menerus mengurus (makhluknya) , tidak mengantuk dan tidak
tidur . kepunyaannya apa yang ada dilangit dan dibumi . siapakah yang dapat
memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinnya ? Allah mengetahui apa apa yang dihadapan
mereka dan dibelakng mereka , dan mereka tidak mengetahui apa apa dari ilmu
Allah melainkan apa yang dikehendakinya . kursi Allah meliputi langit dan bumi
.dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah maha tinggi lagi
maha besar”. (Al Baqarah , 2:255)
Ayat ini menunjukan bahwa sangat luas kekuasaan Allah
(ilmunya) antara langit dan bumi . Hal ini menunjukan bahwa sangatlah luas ilmu
yang bisa digali dialam semesta ini , baik dalam pengerttian alam kabir (makro
cosmos) atau alam sagir (mikro cosmos) . Betapa luasnya rana tersebut sehingga
kalaupun manusia memperoleh ilmu pengetahuan , dalam pandangan Allah ilmu
tesebut masih sangat sedikit .
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Islam merupakan agama
yang benar.agama islam merupakan agama yang sesuai dengan fitrah manusia.oleh
karena itu agama islam harus di sebarluaskan kepada ummat manusia agar dapat
memeluk agama islam.dan pedoman hidup manusia adalah AL-QURAN dan AL-HADIS.
DAFTAR PUSTAKA
Abduh, Syekh Muhammad. 1976. Risalah tauhid.jakarta:Bulan bintang
Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.
Aminuddin, dkk, Pendidikan Agama Islam, (Bogor: Ghalia Indonesia,
2005)
Syaifulloh. M, dkk. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Surabaya:Grasindo.
Hamka.1976. Sejarah Umat Islam. Jakarta:Bulan Bintang.
Barus. J.V,et.al.(ed)2001.Ensiklopedia Islam Untuk Pelajar. Jakarta:Ichtiar
Baru Van Hoeve
Tidak ada komentar:
Posting Komentar