Sabtu, 19 Maret 2011

Bahan ABC (Activity Based Costing)

ACTIVITY-BASED COSTING

Activity-Based Costing (ABC) adalah suatu sistem informasi akuntansi yang mengidentifikasi berbagai aktivitas yang dikerjakan dalam suatu organisasi dan mengumpulkan biaya dengan dasar dan sifat yang ada dan perluasan dari aktivitasnya. ABC memfokuskan pada biaya yang melekat pada produk berdasarkan aktivitas untuk memproduksi, mendistribusikan atau menunjang produk yang bersangkutan.

Sistem ABC timbul sebagai akibat dari kebutuhan manajemen akan informasi akuntansi yang mampu mencerminkan konsumsi sumber daya dalam berbagai aktivitas untuk menghasilkan produk secara akurat. Hal ini didorong oleh:
Persaingan global yang tajam yang memaksa perusahaan untuk cost effective
Advanced manufacturing technology yang menyebabkan proporsi biaya overhead pabrik dalam product cost menjadi lebih tinggi dari primary cost.
Adanya strategi perusahaan yang menerapkan market driven strategy

Kelemahan sistem akuntansi biaya tradisional:
Akuntansi biaya tradisional dirancang hanya menyajikan informasi biaya pada tahap produksi.
Alokasi biaya overhead pabrik hanya didasarkan pada jam tenaga kerja langsung atau hanya dengan volume produksi.
Ada diversitas produk, dimana masing-masing produk mengkonsumsi biaya overhead yang berbeda beda.

Penerapan ABC sistem akan relevan bila biaya overhead pabrik merupakan biaya yang paling dominan dan multiproduk. Dalam merancang ABC sistem, aktivitas untuk membuat dan menjual produk digolonhkan dalam 4 kelompok, yaitu:

Facility sustaining activity cost --- biaya yang berkaitan dengan aktivitas mempertahankan kapasitas yang dimiliki perusahaan. Misal biaya depresiasi, biaya asuransi, biaya gaji pegawai kunci
Product sustaining activity cost ----- biaya yang berkaitan dengan aktivitas penelitian dan pengembangan produk dan biaya untuk mempertahankan produk untuk tetap dapat dipasarkan. Misal biaya pengujian produk, biaya desain produk
Bacth activity cost ----- biaya yang berkaitan dengan jumlah bacth produk yang diproduksi. Misal biaya setup mesin.
Unit level activity cost ---- biaya yang berkaitan dengan besar kecilnya jumlah unit produk yang dihasilkan. Misal biaya bahan baku, biaya tenaga kerja

Langkah-langkah ABC sistem
Tahap pertama pengelompokan biaya overhead ke dalam kelompok biaya yang homogen. Kelompok biaya homogen merupakan kumpulan overhead yang variasinya dapat dijelaskan oleh satu faktor penyebab (cost driver). Untuk menentukan mana kelompok biaya yang homogen, dapat melihat biaya yang mempunyai rasio konsumsi sama untuk seluruh produk.

Tahap kedua alokasi biaya overhead pabrik:

        Alokasi biaya overhead = Tarif kelompok x Dasar pembebanan yang dikonsumsi





Soal Latihan:

PT ABC mempunyai dua depatermen, yaitu dep I dan II yang digunakan untuk memproduksi produk A dan produk B. Data untuk menentukan biaya produk A dan B adalah sebagai berikut:


Keterangan    Produk A    Produk B      
Unit diproduksi    10.000 unit    40.000 unit      
Biaya bahan baku    Rp 10.000.000    Rp 40.000.000      
Biaya tenaga kerja langsung    Rp 12.000.000    Rp 48.000.000      
Jam mesin    20.000 jm    80.000 jm      
Kilowat    50.000    200.000      
Jam inspeksi    5.200    7.800      
Jam kerja langsung    10.000 jkl    40.000 jkl      
Frekuensi produksi    1.000 kali    1.500 kali   

Data per Depatermen


Keterangan    Depatermen I    Depatermen II      
Jam kerja langsung:
Produk A
Produk B   
2.000
36.000   
8.000
4.000      
              
Jam mesin:
Produk A
Produk B   
5.000
20.000   
15.000
60.000      
              
Biaya overhead pabrik:              
Biaya inspeksi pabrik    Rp 5.000.000    Rp  8.000.000      
Biaya listrik    Rp 5.000.000    Rp 15.000.000      
Biaya pemeliharan mesin    Rp 4.000.000    Rp 10.000.000      
Biaya persiapan produksi    Rp 8.500.000    Rp 15.000.000   

Diminta:
Hitunglah harga pokok produksi produk A dan B dengan pendekatan tradisional (tarif tunggal dan tarif depatermen) dan ABC sistem


















MANAJEMEN KUALITAS, WAKTU DAN BIAYA


PERLUNYA PENINGKATAN MANAJEMEN KUALITAS:



     KEMAJUAN IPTEK



        DEREGULASI

                           MENINGKATKAN             KEPUASAN
                        PERSAINGAN            KONSUMEN
        GLOBALISASI



     MENINGKATNYA
        TUNTUTAN
        KONSUMEN



           SEBAB                   DAMPAK              PENANGGULANGAN







UKURAN KEPUASAN  KONSUMEN:


        KESESUAIAN KUALITAS

   
    HARGA YANG KOMPETITIVE

        KEPUASAN
        KONSUMEN          KETEPATAN WAKTU
                PENYERAHAN

   
    PELAYANAN SBLM & SSDH
               PENYERAHAN









PERKEMBANGAN PERUBAHAN PEMICU PERSAINGAN DAN KUNCI
PENGUASAAN PASAR:




PEMICU PERSAINGAN


    KARAKTERISTIK    KEUNGGULAN    INOVASI     KETEPATAN WKT
                 DI PASAR

    PRODUK    BIAYA    KUALITAS     FLEKSIBILITAS

                    PELAYANAN



     KEUNGGULAN    INOVASI    KETEPATAN WKT     DIFERENSIANSI
            DI PASAR    PASAR MELALUI
                KEUNGGULAN
     BIAYA    KUALITAS    FLEKSIBILITAS    YANG UNIK

            PELAYANAN
   

KUNCI PENGUASAAN PASAR




KERTERKAITAN MANAJEMEN KUALITAS DENGAN PROFITABILITAS

KUALITAS
TERCERMIN DALAM                                                            TERWUJUD DALAM



   PENURUNAN                            PENINGKATAN                      PENINGKATAN
    PEMBOROSAN    PRODUKTIVITAS    MANFAAT PRODUK



          BIAYA    PENINGKATAN
    LEBIH RENDAH    PANGSA PASAR



    PENURUNAN    PENINGKATAN    PENINGKATAN
    UTILISASI ASSET    MARGIN    PENDAPATAN




PENINGKATAN PROFITABILITAS


                                                   KEPUASAN                   PENINGKATAN
                        KUALITAS          KONSUMEN                 PROFITABILITAS



KONSEP MANAJEMEN YANG DIPERLUKAN:

    FAKTOR YANG DIPERHATIKAN DALAM TQM:

KEPEMIMPINAN
INFORMASI DAN ANALISA
PERENCANAAN MUTU STRATEGIS
PENGEMBANGAN DAN MANAJEMEN SDM
MANAJEMEN PROSES MUTU
HASIL OPERASI DAN MUTU
KEPUASAN PELANGGAN/KONSUMEN


    OBJECTIVE DAN IMPLEMENTASI TQM:

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS
MENINGKATKAN KUALITAS
MENGURANGI BIAYA
PENGIRIMAN TEPAT WAKTU
MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA
MENINGKATKAN MORAL/KEPUASAN KARYAWAN



PROSES MANAJEMEN KUALITAS:

   

PARADIGMA LAMA
    PARADIGMA BARU      
v    PRODUK SEBAGAI PEMICU (PRODUCT DRIVEN)
    v    PASAR SEBAGAI PEMICU (MARKET DRIVEN)      
v    MANAJEMEN PRODUK
-    KUALITAS DIJAMIN MELALUI    
   INSPEKSI
-    KUALITAS DITINGKATKAN
   MELALUI INSPEKSI YANG KETAT  
         DAN MENAMBAH BIAYA
-    KUALITAS TANGGUNG JAWAB
   DEPATERMEN QUALITY    v    MANAJEMEN PROSES
-    KUALITAS DITETAPKAN
   MELALUI PENCEGAHAN
-    HUBUNGAN PELANGGAN DAN
   PEMASOK SCR TERINTEGRASI
-    PENINGKATAN KUALITAS
   MELALUI INFORMASI 
         PELANGGAN, PERBAIKAN PROSES
         KERJA BERKELANJUTAN,
         PENINGKATAN KEMAMPUAN
         PELAKSANA
-    KUALITAS TANGGUNG JAWAB
   SEMUA PIHAK
   



PEMICU PERUBAHAN DARI   PRODUCT DRIVEN                     MARKET DRIVEN:

KEINGINAN KONSUMEN YANG SELALU MENINGKAT:
Lebih Berkualitas
Lebih Mudah
Lebih Murah
Lebih Berfungsi

SUPPLAY LEBIH BESAR DARI DEMAND (KRN KEMAJUAN TEKNOLOGI)

KONSUMEN MEMPUNYAI BANYAK PILIHAN (KRN SUBSTITUSI PRODUK DAN DEREGULASI, GLOBALISASI)


IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS

MEKANISME PELAKSANAAN TQM:

HARUS SELALU BICARA DENGAN DATA
PIMPINAN HARUS TURUN KE BAWAH
ORIENTASI PROSES DISAMPING HASIL AKHIR
ORIENTASI PADA KONSUMEN
TRAINNING YANG KONTINUE
PERBAIKAN YANG TERUS MENERUS
CROSS FUNCTION DALAM MEMECAHKAN MASALAH
COST REDUCTION MELALUI ELIMINASI BIAYA

HAL YANG DIPERHATIKAN PELAKSANAAN TQM
KETERLIBATAN SEMUA PIHAK
ORIENTASI MEMUASKAN KONSUMEN
LEADERSHIP
SISTEM SUPPORT DAN MANAGEMENT
PEMECAHAN PERSOALAN
CORPORATE VALUE


KUNCI KEBERHASILAN PELAKSANAAN TQM:

KOMITMEN PIMPINAN PUNCAK DALAM MENJALANKAN MANAJEMEN KUALITAS SEKALIGUS SEBAGAI “QUALITY LEADER”

MELIBATKAN SEMUA JAJARAN DALAM MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MENETAPKAN “QUALITY OBJECTIVE” UNTUK SETIAP AKTIVITAS SEBAGAI PENJABARAN DARI “COMPANY GOAL/OBJECTIVE”

PENERAPAN SISTEM IMBALAN (REWARD) DAN SANGSI (PUNISHMENT)

MENGINTEGRASIKAN KUALITAS KE DALAM SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN, DIMANA MANAJEMEN KUALITAS MERUPAKAN CARA MENJALANKAN AKTIVITAS USAHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar