ACTIVITY-BASED COSTING
Activity-Based Costing (ABC) adalah suatu sistem informasi akuntansi yang mengidentifikasi berbagai aktivitas yang dikerjakan dalam suatu organisasi dan mengumpulkan biaya dengan dasar dan sifat yang ada dan perluasan dari aktivitasnya. ABC memfokuskan pada biaya yang melekat pada produk berdasarkan aktivitas untuk memproduksi, mendistribusikan atau menunjang produk yang bersangkutan.
Sistem ABC timbul sebagai akibat dari kebutuhan manajemen akan informasi akuntansi yang mampu mencerminkan konsumsi sumber daya dalam berbagai aktivitas untuk menghasilkan produk secara akurat. Hal ini didorong oleh:
Persaingan global yang tajam yang memaksa perusahaan untuk cost effective
Advanced manufacturing technology yang menyebabkan proporsi biaya overhead pabrik dalam product cost menjadi lebih tinggi dari primary cost.
Adanya strategi perusahaan yang menerapkan market driven strategy
Kelemahan sistem akuntansi biaya tradisional:
Akuntansi biaya tradisional dirancang hanya menyajikan informasi biaya pada tahap produksi.
Alokasi biaya overhead pabrik hanya didasarkan pada jam tenaga kerja langsung atau hanya dengan volume produksi.
Ada diversitas produk, dimana masing-masing produk mengkonsumsi biaya overhead yang berbeda beda.
Penerapan ABC sistem akan relevan bila biaya overhead pabrik merupakan biaya yang paling dominan dan multiproduk. Dalam merancang ABC sistem, aktivitas untuk membuat dan menjual produk digolonhkan dalam 4 kelompok, yaitu:
Facility sustaining activity cost --- biaya yang berkaitan dengan aktivitas mempertahankan kapasitas yang dimiliki perusahaan. Misal biaya depresiasi, biaya asuransi, biaya gaji pegawai kunci
Product sustaining activity cost ----- biaya yang berkaitan dengan aktivitas penelitian dan pengembangan produk dan biaya untuk mempertahankan produk untuk tetap dapat dipasarkan. Misal biaya pengujian produk, biaya desain produk
Bacth activity cost ----- biaya yang berkaitan dengan jumlah bacth produk yang diproduksi. Misal biaya setup mesin.
Unit level activity cost ---- biaya yang berkaitan dengan besar kecilnya jumlah unit produk yang dihasilkan. Misal biaya bahan baku, biaya tenaga kerja
Langkah-langkah ABC sistem
Tahap pertama pengelompokan biaya overhead ke dalam kelompok biaya yang homogen. Kelompok biaya homogen merupakan kumpulan overhead yang variasinya dapat dijelaskan oleh satu faktor penyebab (cost driver). Untuk menentukan mana kelompok biaya yang homogen, dapat melihat biaya yang mempunyai rasio konsumsi sama untuk seluruh produk.
Tahap kedua alokasi biaya overhead pabrik:
Alokasi biaya overhead = Tarif kelompok x Dasar pembebanan yang dikonsumsi
Soal Latihan:
PT ABC mempunyai dua depatermen, yaitu dep I dan II yang digunakan untuk memproduksi produk A dan produk B. Data untuk menentukan biaya produk A dan B adalah sebagai berikut:
Keterangan Produk A Produk B
Unit diproduksi 10.000 unit 40.000 unit
Biaya bahan baku Rp 10.000.000 Rp 40.000.000
Biaya tenaga kerja langsung Rp 12.000.000 Rp 48.000.000
Jam mesin 20.000 jm 80.000 jm
Kilowat 50.000 200.000
Jam inspeksi 5.200 7.800
Jam kerja langsung 10.000 jkl 40.000 jkl
Frekuensi produksi 1.000 kali 1.500 kali
Data per Depatermen
Keterangan Depatermen I Depatermen II
Jam kerja langsung:
Produk A
Produk B
2.000
36.000
8.000
4.000
Jam mesin:
Produk A
Produk B
5.000
20.000
15.000
60.000
Biaya overhead pabrik:
Biaya inspeksi pabrik Rp 5.000.000 Rp 8.000.000
Biaya listrik Rp 5.000.000 Rp 15.000.000
Biaya pemeliharan mesin Rp 4.000.000 Rp 10.000.000
Biaya persiapan produksi Rp 8.500.000 Rp 15.000.000
Diminta:
Hitunglah harga pokok produksi produk A dan B dengan pendekatan tradisional (tarif tunggal dan tarif depatermen) dan ABC sistem
MANAJEMEN KUALITAS, WAKTU DAN BIAYA
PERLUNYA PENINGKATAN MANAJEMEN KUALITAS:
KEMAJUAN IPTEK
DEREGULASI
MENINGKATKAN KEPUASAN
PERSAINGAN KONSUMEN
GLOBALISASI
MENINGKATNYA
TUNTUTAN
KONSUMEN
SEBAB DAMPAK PENANGGULANGAN
UKURAN KEPUASAN KONSUMEN:
KESESUAIAN KUALITAS
HARGA YANG KOMPETITIVE
KEPUASAN
KONSUMEN KETEPATAN WAKTU
PENYERAHAN
PELAYANAN SBLM & SSDH
PENYERAHAN
PERKEMBANGAN PERUBAHAN PEMICU PERSAINGAN DAN KUNCI
PENGUASAAN PASAR:
PEMICU PERSAINGAN
KARAKTERISTIK KEUNGGULAN INOVASI KETEPATAN WKT
DI PASAR
PRODUK BIAYA KUALITAS FLEKSIBILITAS
PELAYANAN
KEUNGGULAN INOVASI KETEPATAN WKT DIFERENSIANSI
DI PASAR PASAR MELALUI
KEUNGGULAN
BIAYA KUALITAS FLEKSIBILITAS YANG UNIK
PELAYANAN
KUNCI PENGUASAAN PASAR
KERTERKAITAN MANAJEMEN KUALITAS DENGAN PROFITABILITAS
KUALITAS
TERCERMIN DALAM TERWUJUD DALAM
PENURUNAN PENINGKATAN PENINGKATAN
PEMBOROSAN PRODUKTIVITAS MANFAAT PRODUK
BIAYA PENINGKATAN
LEBIH RENDAH PANGSA PASAR
PENURUNAN PENINGKATAN PENINGKATAN
UTILISASI ASSET MARGIN PENDAPATAN
PENINGKATAN PROFITABILITAS
KEPUASAN PENINGKATAN
KUALITAS KONSUMEN PROFITABILITAS
KONSEP MANAJEMEN YANG DIPERLUKAN:
FAKTOR YANG DIPERHATIKAN DALAM TQM:
KEPEMIMPINAN
INFORMASI DAN ANALISA
PERENCANAAN MUTU STRATEGIS
PENGEMBANGAN DAN MANAJEMEN SDM
MANAJEMEN PROSES MUTU
HASIL OPERASI DAN MUTU
KEPUASAN PELANGGAN/KONSUMEN
OBJECTIVE DAN IMPLEMENTASI TQM:
MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS
MENINGKATKAN KUALITAS
MENGURANGI BIAYA
PENGIRIMAN TEPAT WAKTU
MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA
MENINGKATKAN MORAL/KEPUASAN KARYAWAN
PROSES MANAJEMEN KUALITAS:
PARADIGMA LAMA
PARADIGMA BARU
v PRODUK SEBAGAI PEMICU (PRODUCT DRIVEN)
v PASAR SEBAGAI PEMICU (MARKET DRIVEN)
v MANAJEMEN PRODUK
- KUALITAS DIJAMIN MELALUI
INSPEKSI
- KUALITAS DITINGKATKAN
MELALUI INSPEKSI YANG KETAT
DAN MENAMBAH BIAYA
- KUALITAS TANGGUNG JAWAB
DEPATERMEN QUALITY v MANAJEMEN PROSES
- KUALITAS DITETAPKAN
MELALUI PENCEGAHAN
- HUBUNGAN PELANGGAN DAN
PEMASOK SCR TERINTEGRASI
- PENINGKATAN KUALITAS
MELALUI INFORMASI
PELANGGAN, PERBAIKAN PROSES
KERJA BERKELANJUTAN,
PENINGKATAN KEMAMPUAN
PELAKSANA
- KUALITAS TANGGUNG JAWAB
SEMUA PIHAK
PEMICU PERUBAHAN DARI PRODUCT DRIVEN MARKET DRIVEN:
KEINGINAN KONSUMEN YANG SELALU MENINGKAT:
Lebih Berkualitas
Lebih Mudah
Lebih Murah
Lebih Berfungsi
SUPPLAY LEBIH BESAR DARI DEMAND (KRN KEMAJUAN TEKNOLOGI)
KONSUMEN MEMPUNYAI BANYAK PILIHAN (KRN SUBSTITUSI PRODUK DAN DEREGULASI, GLOBALISASI)
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS
MEKANISME PELAKSANAAN TQM:
HARUS SELALU BICARA DENGAN DATA
PIMPINAN HARUS TURUN KE BAWAH
ORIENTASI PROSES DISAMPING HASIL AKHIR
ORIENTASI PADA KONSUMEN
TRAINNING YANG KONTINUE
PERBAIKAN YANG TERUS MENERUS
CROSS FUNCTION DALAM MEMECAHKAN MASALAH
COST REDUCTION MELALUI ELIMINASI BIAYA
HAL YANG DIPERHATIKAN PELAKSANAAN TQM
KETERLIBATAN SEMUA PIHAK
ORIENTASI MEMUASKAN KONSUMEN
LEADERSHIP
SISTEM SUPPORT DAN MANAGEMENT
PEMECAHAN PERSOALAN
CORPORATE VALUE
KUNCI KEBERHASILAN PELAKSANAAN TQM:
KOMITMEN PIMPINAN PUNCAK DALAM MENJALANKAN MANAJEMEN KUALITAS SEKALIGUS SEBAGAI “QUALITY LEADER”
MELIBATKAN SEMUA JAJARAN DALAM MANAJEMEN KUALITAS DENGAN MENETAPKAN “QUALITY OBJECTIVE” UNTUK SETIAP AKTIVITAS SEBAGAI PENJABARAN DARI “COMPANY GOAL/OBJECTIVE”
PENERAPAN SISTEM IMBALAN (REWARD) DAN SANGSI (PUNISHMENT)
MENGINTEGRASIKAN KUALITAS KE DALAM SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN, DIMANA MANAJEMEN KUALITAS MERUPAKAN CARA MENJALANKAN AKTIVITAS USAHA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar